Pages

Thursday, March 1, 2018

Bentang Alam dan Budaya Rogojampi

Kecamatan Rogojampi adalah kecamatan yang didapuk menjadi pusat agribisnis di Kabupaten Banyuwangi. Hal ini ditandai dengan banyaknya lahan pertanian di seantero kecamatan dan adanya kawasan agrowisata Alam Indah Lestari milik pengusaha lokal Banyuwangi Michael Edi Haryanto.

Kecamatan Rogojampi berbatasan dengan Selat Bali, maka dari itu wilayah ini memiliki banyak pantai. Pantai yang sering dikunjungi adalah Pantai Blimbingsari, ciri khas dari pantai ini adalah banyaknya warung ikan bakar di sepanjang pantai. Pengunjung juga dapat bersantai di anjungan yang dibangun dipinggir pantai.

Kecamatan Rogojampi memiliki wilayah perkotaan yang cukup ramai. Hal ini dapat dilihat di sekitar kawasan Pasar Rogojampi yang rawan kemacetan. Di sekitar pasar inilah banyak di bangun kawasan pertokoan dan kantor cabang maupun kantor kas perbankan. 

Selain itu, terdapat jenis kuliner yang terkenal yaitu darplok, akronim dari dadar ceplok yaitu semacam martabak berbentuk telur mata sapi dengan ukuran yang lebih besar, didalamnya dicampur dengan bihun dan dimakan menggunakan saus campuran petis dan cabai sehingga rasanya sangat pedas. Darplok ini dapat ditemui di belakang Pasar Rogojampi dan di dekat kantor Radio Sritanjung.

Kecamatan Rogojampi memiliki sebuah terminal bus yang menjadi tempat pemberhentian bus-bus yang akan menuju ke atau keluar dari Kota Banyuwangi. Bagi yang ingin bepergian dengan kereta api, dapat menuju ke Stasiun Rogojampi. Di Stasiun Rogojampi ini, berhenti kereta api Pandanwangi, Probowangi, Tawang Alun, Sritanjung dan Kereta api Mutiara Timur.

No comments:

Post a Comment