Pages

Saturday, December 3, 2016

Kalibaru

Kecamatan Kalibaru adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Banyuwangi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jember yang merupakan jalur pantai selatan pulau jawa yang merupakan satu satunya akses yang menghubungkan kota banyuwangi - jember. Lokasi perbatasan berada di Gunung Gumitir dan ditandai dengan patung penari Gandrung yang bertuliskan Selamat Datang di Banyuwangi, tepatnya sebelum kelokan terakhir sisi timur Jalur Mrawan. Di sebelah utara dan barat berbatasan dengan Kabupaten Jember, di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Pesanggaran.


Selain itu, Kecamatan Kalibaru memiliki tempat wisata dan peristirahatan seperti Hotel Margo Utomo, Kalibaru Cottages, Panorama Raung, dan Hotel Jember Asri. Kecamatan Kalibaru juga merupakan wilayah yang banyak memiliki perkebunan kopi karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Perkebunan tersebut adalah Perkebunan Malangsari , Glen Falloch dan Watulempit yang tergabung dalam PTPN XII. Perkebunan Nusantara XII (Persero) memiliki tempat wisata perkebunan yang dilengkapi restoran dan taman bermain keluarga. 

Secara administrasi, Kecamatan Kalibaru terbagi menjadi 6 desa. Kecamatan Kalibaru terdiri dari 21 Dusun, 107 Rukun Warga, dan 410 Rukun Tetangga dengan jumlah penduduk 61.525 orang. Enam desa di Kecamatan Kalibaru : Banyuanyar Kajarharjo Kalibarukulon Kalibarumanis (Luas 56,06 km²) Kalibaruwetan Kebonrejo (Luas 88,55 km² atau sekitar 21,77% dari luas kecamatan kalibaru)

Distribusi penduduk Kecamatan Kalibaru berdasarkan agama yang dianut menunjukkan bahwa pada tahun 2011, penduduk yang memeluk agama Islam merupakan mayoritas dengan jumlah sebanyak 60.823 orang atau 98,98% dari total penduduk. Pemeluk agama Kristen sebanyak 326 orang atau 0,48%, pemeluk agama Katolik sebanyak 315 orang atau 0,46%, pemeluk agama Hindu sebanyak 61 orang atau 0,08%, dan agama Buddha tidak ada pemeluknya. 

Kecamatan Kalibaru memiliki 373 tempat peribadatan yang terdiri dari Masjid sebanyak 82 buah, Mushola sebanyak 288 buah, Gereja Kristen sebanyak 2 buah, Gereja Katolik tidak ada, Pura sebanyak 1 buah, Vihara tidak ada, dan Klenteng tidak ada. 

Pada tahun 2011, perkembangan pembangunan sektor pariwisata di Kecamatan Kalibaru belum banyak mengalami perubahan yang signifikan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sektor pariwisata di Kecamatan Kalibaru masih mengandalkan objek-objek wisata alam karena keindahannya. Beberapa tempat yang merupakan objek wisata di Kecamatan Kalibaru adalah objek wisata Air terjun Wonorejo dan tour wisata lori di Stasiun Kalibaru yang semuanya terletak dalam wilayah Kalibaru Wetan. 

Karena keindahannya, banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi dan menginap di beberapa hotel yang terdapat di Kecamatan Kalibaru. Kecamatan Kalibaru akan dilewati jika melakukan perjalanan dari Banyuwangi menuju ke Jember, Malang atau Surabaya. Dari arah Kota Banyuwangi Kecamatan Kalibaru akan dilalui setelah Kecamatan Glenmore. Sedangkan dari arah Kabupaten Jember, Kecamatan Kalibaru akan dicapai setelah lepas dari Jalur Mrawan (Gunung Gumitir).

No comments:

Post a Comment